selamat datang

"selidikilah aku ya Allah dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran pikiranku. lihat lah apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku dijalan yang kekal"

Jumat, 13 April 2012

HOLOCAUST, MARS KEMATIAN


Foto klandestin, yang diambil oleh seorang warga sipil Jerman, atas para tahanan kamp konsentrasi Dachau yang tengah melakukan mars kematian ke selatan melewati sebuah desa ke Wolfratshausen. Germany, antara tanggal 26 dan 30 April 1945.

Menjelang akhir perang, saat kekuatan militer Jerman mulai kolaps, pasukan angkatan darat Sekutu mulai mendekati kamp-kamp konsentrasi Nazi. Soviet mendekat dari arah timur, sedangkan Inggris, Prancis, dan Amerika dari barat. Jerman dengan kalut mulai memindahkan para tahanan keluar dari kamp-kamp di dekat garis depan dan memanfaatkan tenaga mereka sebagai buruh kerja paksa di kamp-kamp di Jerman. Para tahanan pertama diangkut keluar dengan kereta api, tapi kemudian dengan berjalan kaki dalam apa yang dikenal dengan "mars kematian."
Para tahanan tengah berjalan ke arah selatan dalam sebuah mars kematian dari kamp konsentrasi Dachau. Gruenwald, Jerman, 29 April 1945.
Para tahanan dipaksa berjalan kaki menempuh jarak yang panjang dalam cuaca yang dingin membeku, tanpa atau hanya dengan sedikit makanan, air, atau istirahat. Mereka yang tidak sanggup bertahan ditembak mati. Mars kematian terbesar berlangsung pada musim dingin tahun 1944-1945, saat angkatan darat Soviet memulai pembebasan Polandia. Sembilan hari sebelum tentara Soviet tiba di Auschwitz, Jerman memerintahkan puluhan ribu tahanan melakukan mars keluar kamp menuju Wodzislaw, sebuah kota yang berjarak 35 mil jauhnya, tempat mereka dinaikkan ke kereta api barang untuk diangkut ke kamp-kamp lain. Sekitar satu di antara tiap empat orang tewas dalam perjalanan.
Kerap kali Nazi membunuh sekelompok besar tahanan sebelum, pada saat, dan setelah mars. Pada salah satu mars, 7.000 tahanan Yahudi, 6.000 di antaranya perempuan, dipindahkan dari kamp-kamp di daerah Danzig yang di sisi utara berbatasan dengan Laut Baltik. Selama mars yang berlangsung sepuluh hari itu, 700 orang dibunuh. Mereka yang masih hidup saat mars mencapai pesisir laut digiring ke dalam air dan ditembak.

Tanggal-tanggal Penting

18 JANUARI 1945
MARS KEMATIAN DARI SISTEM KAMP AUSCHWITZ DIMULAI

SS mulai mengevakuasi Auschwitz beserta kamp-kamp satelitnya. Hampir 60.000 tahanan dipaksa melakukan mars kematian dari sistem kamp Auschwitz. Ribuan tahanan dibantai pada hari-hari menjelang mars kematian. Puluhan ribu tahanan, yang sebagian besar merupakan orang Yahudi, dipaksa melakukan mars ke kota Wodzislaw yang berlokasi di wilayah barat Upper Silesia. Pengawal SS menembaki siapa saja yang tertinggal di belakang atau tidak sanggup berjalan lagi. Lebih dari 15.000 tahanan tewas dalam mars kematian dari Auschwitz. Di Wodzislaw, tahanan dinaikkan ke kereta api barang yang tidak memiliki pemanas dan dideportasi ke kamp-kamp konsentrasi di Jerman, terutama ke Flossenbuerg, Sachsenhausen, Gross-Rosen, Buchenwald, Dachau, dan Mauthausen. Pada tanggal 27 Januari 1945, AD Soviet memasuki Auschwitz dan membebaskan segelintir tahanan yang tersisa.
25 JANUARI 1945
EVAKUASI DAN MARS KEMATIAN DARI KAMP KONSENTRASI STUTTHOF

Evakuasi terhadap hampir 50.000 tahanan, yang mayoritas adalah orang Yahudi, dimulai dari sistem kamp Stutthof di utara Polandia. Sekitar 5.000 tahanan dari subkamp Stutthof digiring ke pesisir Laut Baltik, dipaksa memasuki air, dan diberondong senapan mesin. Tahanan lainnya dipaksa melakukan mars kematian ke Lauenburg di timur Jerman, di mana mereka dihadang oleh pasukan Soviet yang bergerak maju. Jerman memaksa para tahanan berjalan kembali ke Stutthof. Ribuan tahanan tewas dalam mars kematian ini karena cuaca musim dingin yang ganas dan perlakuan keji para pengawal SS. Pada akhir bulan April 1945, para tahanan yang tersisa dipindahkan dari Stutthof lewat laut dikarenakan Stutthof telah sepenuhnya dikepung oleh pasukan Soviet. Lagi-lagi, ratusan tahanan dipaksa masuk ke dalam laut dan ditembaki. Lebih dari 25.000 tahanan, yaitu satu di antara dua tahanan, tewas selama evakuasi dari Stutthof. Pasukan Soviet memasuki Stutthof pada tanggal 9 Mei 1945.
7 APRIL 1945
MARS KEMATIAN DARI KAMP KONSENTRASI BUCHENWALD

Seiring dengan mendekatnya pasukan Amerika, Nazi mulai melakukan evakuasi massal terhadap para tahanan dari kamp konsentrasi Buchenwald dan subkampnya. Hampir 30.000 tahanan dipaksa melakukan mars kematian menjauhi pasukan Amerika yang mendekat. Sekitar sepertiga dari mereka tewas dalam mars tersebut. Pada tanggal 11 April 1945, para tahanan yang masih bertahan hidup mengambil alih kamp, tidak lama sebelum pasukan Amerika memasuki lokasi tersebut pada hari yang sama.
26 APRIL 1945
MARS KEMATIAN DARI KAMP KONSENTRASI DACHAU

Hanya tiga hari menjelang pembebasan kamp Dachau, SS memaksa sekitar 7.000 tahanan melakukan mars kematian dari selatan Dachau ke Tegernsee. Pada mars kematian selama enam hari tersebut, siapa saja yang tidak bisa bertahan atau melanjutkan perjalanan ditembaki. Banyak lainnya yang tewas karena pajanan cuaca, kelaparan, atau kelelahan. Pasukan Amerika membebaskan kamp konsentrasi Dachau pada tangal 29 April 1945. Pada awal bulan Mei 1945, pasukan Amerika membebaskan tahanan yang selamat dari mars kematian ke Tegernsee tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar